Saturday, February 22, 2014

Tips Belanja Online Aman Nyaman

Buat temen-temen Dumay yang masih bertanya, apakah belanja online itu aman?
Saya membantu menjawab, 70% harus hati-hati... Kita harus mampu dan jeli membedakan toko online abal-abal dan toko online yang memberikan pelayanan jujur. Saya akui begitu banyaknya persaingan dagang di dunia maya sering kali kita lupa dan tidak menyelidiki kebenaran si penjual. Berikut ini tips memilih belanja online yang aman.

1. Jika anda sering belanja di situs jual beli ada iklan yang sering membuat kita tergiur, misalnya harga HP Android yang umumnya dijual di atas 1juta kemudian dia berani jual di bawah harga standar, cobalah pura-pura sms ke No HP penjual apakah bisa beli secara cod (bertemu penjual dan pembeli) jika tidak membalas sms, di jamin itu penipuan, jangan anda transfer uang anda kepada mereka.

2. Jika anda hendak order suatu barang komunikasikan secara detail tentang prosedur pembelian barang, CS akan memandu secara bertahap dan anda harus yakin by step semua terpenuhi.

3. jika anda  ingin berbelanja online lewat Facebook, lebih baik bertransaksi dengan orang yang benar-benar anda kenal atau mereka yang telah memiliki track record yang baik, seperti mempunyai testimonial dari pelanggannya.

4.
Pada kasus diatas, si korban tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal, Dengan Catatan : Lebih baik jika anda tidak melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal.

5.
Hal pertama kali yang bisa Anda perhatikan ketika melakukan transaksi di internet adalah dengan melihat kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Jika kredibilitasnya bagus, maka Anda bisa lanjutkan transaksi Anda. Anda bisa melihat kredibilitas ini melalui rekomendasi dari banyak orang yang telah menggunakan jasanya. Bisa juga dengan melihat review-review yang ada di internet, Anda bisa ketikkan di Google alamat perusahaan yang bersangkutan, kemudian bagaimana respon para reviewer-reviewer tersebut.

6.Berhati-hatilah saat melakukan transaksi dengan komputer yang Anda gunakan, terlebih bila Anda menggunakan komputer orang lain seperti komputer warnet atau teman Anda sendiri. Usahakan untuk tidak memberikan informasi finansial seperti bank acc info, paypai account dan informasi lainnya.Karena saat ini banyak program-program yang bisa mendeteksi (mencatat) ketikkan orang melalui keyboard yang digunakannya, berakibat memungkinkan data-data penting Anda bisa terekam secara disengaja atau tidak disengaja diletakkan oleh yang punyanya. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan komputer sendiri atau kalaupun terpaksa menggunakan PC orang, jangan lupa lakukan logout dan menghapus cookies danchace browser setelah pekerjaan Anda selesai, karena bagaimanapun juga ini lebih aman.


Serta waspada lah terhadap email anda karena Email merupakan media yang kerap sekali dijadikan alat pencurian data-data penting karena memang sifatnya yang lebih private, banyak modus-modus penipuan yang memanfaatkan media e-mail ini. Seperti kasus suatu pesan yang yang mengaku-ngaku CS pembayaran online dan meminta pemiliknya untuk  memasukkan informasi login dan memintanya mengklik link yang ada dalam pesan tersebut, tapi ternyata setelah link di klik sedangkan username dan password telah dimasukkan, bukannya malah masuk ke account tapi malah ke link lain.



0 komentar: