Friday, March 30, 2018

Perbedaan Batik Tulis Dengan Batik Printing

Kita sering bingung membedakan mana batik Tulis dengan Batik Printing karena pola batik printing sekarang bisa menyerupai batik Tulis. Berikut ini dirangkum 7 perbedaan Batik Tulis dan Batik Printing.
Proses pewarnaan ini ada dua macam, memakai warna kimia dan warna alam yang didapat dari  tanaman. Batik tulis warna alam lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan alergi.
Lalu apa perbedaan batik tulis dan batik printing? Berikut 7 perbedaan batik tulis dan batik printing.
A.  Batik tulis
1) Harga batik tulis lebih mahal berkali-laki lipat dibanding batik printing. Karena proses pengerjaannya yang lebih rumit, dan dikerjakan manual dengan tangan manusia.
2) bentuk-bentuk motifnya tidak ada yang sama persis, ada yang lebih besar, tidak sempurna. Misalnya gambar burung yang satu dengan yang lain tidak bisa sama persis.
3) Batik tulis makin lama makin berkarakter, bukan memudar dan lusuh.
4) Selembar kain batik tidak bisa dibedakan mana yang depan mana yang belakang, karena pembatik melakukan proses pembatikan di kedua sisinya.
5) Batik tulis eksklusif seperti lukisan memilik ciri khas, nama pembatik atau inisialnya. 
6) Batik tulis beraroma khas, dan yang memakai pewarna alam tidak akan menimbulkan alergi
7) Batik tulis  diproduksi manual, tidak massal, seperti batik pabrikan atau batik printing. 
B) Batik Printing
Batik printing atau batik cetak sebenarnya tidak bisa disebut batik, tapi kain dengan motif batik. Karena pengerjaanya dilakukan dengan mesin, bukan hand made.
Ciri-ciri batik printing:
1) Bentuk motif yang sempurna, karena desain dilakukan dengan mesin, sehingga bentuk-bentuk motifnya sama persis, nyaris sempurna
2) batik printing memiliki motif yang tak terbatas, karena pengejaannya yang lebih mudah, bisa dibantu dengan software komptuter
3) Batik printing bisa diproduksi secara massal. Sehari bisa menghasilkan ribuan meter. Biasanya batik semacam ini dipakai untuk seragam
4) Harga yang lebih murah,  bisa  mencapai 1000 persen lebih murah
5) Warna-warna yang lebih semarak, beragam dan meriah
6) Batik printing motifnya hanya ada di satu sisi aja, bagian belakang masih beruba warna polos.
7) Warna cepat pudar dan tidak tahan lama
Namun saat ini sudah ada batik printing yang menyerupai batik tulis.  Jadi bagi pecinta batik, harus lebih waspada jika ingin belanja batik tulis.  Dengan memakai batik tulis, kita melestarikan budaya bangsa.
Ada juga yang jenis BATIK CAP, besok akan saya kupas tentang proses Batik CAP, Batik Cap bukan Batik Tulis juga bukan Batik Printing, proses tetap mebuunakan tangan dan malam, pewarnaan juga sama dengan batik Tulis, harga lebih mahal dari batik printing namun lebih murah dari batik Tulis, Recomendasi buat yang pecinta batik yang memiliki budget sedang sedang dan dapat kain yang awet. 
Belanja Batik CAP di 
www.obibatik.com
Instagram @Obibatik & 
Facebook :Toko Grosir Obi Batik
Harga bersahabat, Kualitas Bahan dan Jahitan Lumayan.
Jangan Ragu dan Buktikan...

0 komentar: